Loading...

Suara Kita

Loading...

Tuesday, June 18, 2013

TATA CARA PENDATAAN ONLINE SMK (usaha dulu, baru bertanya!)



Oleh Syamsul Maarif, SS

Menyambut pendataan Online Sekolah, khususnya Sekolah Menengah Kejuruan, maka perlunya menyiapkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, terutama mengetahui bagaimana cara mudah melakukan Pendataan Online.

Untuk itu mari kita ikuti prosedur pendataan Online sebagai berikut; pertama-tama memastikan bahwa sekolah sudah mempunyai NPSN yang tervalidasi. Maka bagi yang belum mempunyai NPSN atau yang mempunyai NPSN belum tervalidasi di data Dikmen SMK, segera membuat surat permohonan Validasi NPSN, dikirim ke email Helpdesk NPSN. Setelah tervalidasi baru melangkah ke tahap Pendataan online yang sesungguhnya.

Kedua; siapkan jaringan internet dengan Bandwidth yang cukup, kemudian download software Pendataan Online disni PAS SMK V.3 untuk kemudian diinstallkan ke computer atau Laptop dengan mengikuti petunjuk atau panduan Instalasi Sofware, hingga di Desktop Komputer akan ada icon PAS SMK, SI Integrator dan Panduan Pendataan Online.

Ketiga; Ada beberapa cara dalam memasukkan data online, yaitu pola manual, pola campuran (manual dan Import) dan ada pola import. Disini kita akan ambil cara termudah memasukkan data yaitu dengan pola import.
Karenanya kita perlu software import PAS SMK sesuai dengan versi software PAS SMK. Yaitu dengan mendownload disini Import. Untuk kemudian  diinstallkan dikomputer atau laptop hingga di desktop muncul icon “import”.
Keempat; setelah Software pendataan Online sudah siap semua, sekarang tinggal mengisi data “master_sekolah”.

Dalam mengisi data master_sekolah jangan sekali-kali ada penggunaan tanda tanda seperti    dan ditengah kata. Contoh kata Ma’arif, maka cukup ditulis dengan Maarif.  hal ini akan tidak terdeteksi dalam proses sinkronisasi.


Kelima; Setelah data master terisi semua dan tersimpan di dokumen dengan nama master_sekolah, maka buka software yang sudah terinstal dengan klik icon import, SI Integrator dan PAS SMK untuk password dan user masuknya sesuaikan saja dulu dengan buku panduan.
Keenam; mulailah proses import data dengan menyiapkan data maser_sekolah yang sudah tersimpan. Klik Browse,  




Klik> master_sekolah, kemudian klik> open.











Klik untuk memilih dengan mencentang data yang hendak diimport


















Klik> klik ini mulai import data

Data yang diimport tertera digambar, baru kemudian dilanjut dengan klik> SI Intergrator







Masuk sebagaimana mengikuti panduan, dan jangan lupa IP Adress pada admin panel
203.171.221.242, tersimpan
 











Lakukan proses syncronisasi dengan klik> Syncrhonize. Maka akan muncul baik di data sekolah maupun di data dikmen sama sebaiaman contoh gambar dibawah ini.

Import juga data siswa, data pegawai daseterusnya, karena sebaiknya jangan langsung semuanya melainkan bertahap, dengan dimulai mensinkronkan data identitas sekolah, baru kemudian data-data yang lain.





Selamat berusaha, ada kendala silahkan juga hubungi facebook smk.manusia1@gmail.com. Atau syamsulm77@gmail.com atau kunjungi di blogsite kami: http://smkmaarifnu2sirampog.blogspot.com/. dan jangan lupa selalu kunjungi situs resmi kemendikbud http://pendataan.dikmen.kemdikbud.go.id/, dan konsultasikan ke group pelayanan Pendataan Online di situs jejaring https://www.facebook.com/groups/489326791107449/ dan tidak lupa forum PAS SMK disini https://www.facebook.com/groups/459872767367402/.




Penulis adalah kepala SMK Maarif NU 02 Sirampog
Ketua Koordinatos LP Maarif NU Brebes Selatan.


Comments :

0 comments to “TATA CARA PENDATAAN ONLINE SMK (usaha dulu, baru bertanya!)”

Post a Comment

Syamsul Maarif

Syamsul Maarif
Seminar Pendidikan

Google+ Followers

Pelanggan

Kontak

Bagi yang mau kirim tulisan, kritik, saran atau pasang iklan silahkan hub kami di nomor : (0289) 430 837 / 081391259998
alamat: Jl KH Ahmad Dahlan no 2, Kalierang, Bumiayu, Brebes.
atau kirim via e-mail: syamsulm77@gmail.com
Kontak: Syamsul Maarif, tinggal: dk Sanjaya, Manggis, Sirampog, Brebes.

  © Blogger template syamsul by endiananews.com 2011

Back to TOP