Oleh Syamsul Maarif
Strategi Komunikasi adalah salah satu cara untuk mengatur pelaksanaan sebuah proses komunikasi, mulai dari perencanaan (planning), pelaksanaan (implementation) hingga evaluasi (evaluation) untuk mencapai suatu tujuan.
Strategi komunikasi merupakan suatu hal penting dalam proses komunikasi, dimana strategi komunikasi dilakukan untuk mensukseskan sebuah komunikasi agar pesan atau informasi tersebut dapat tersampaikan sesuai dengan tujuannya.
Langkah-langkah dalam menerapkan strategi komunikasi meliputi mengenal khalayak, menentukan tujuan komunikasi, menyusun pesan, menetapkan metode dan memilih media yang digunakan.
Secara garis besar, terdapat 4 (empat) tahapan dalam proses strategi komunikasi yaitu analisa situasi, mengembangkan tujuan serta strategi komunikasi, mengimplementasikan strategi komunikasi, dan mengukur hasil usaha yang telah dilakukan.
Tahapan Proses Komunikasi Menurut Vardiansyah (2004), proses komunikasi itu terdiri dari 7 tahapan, yaitu: 1. Tahap Penginterpretasian 2. Tahap Penyandian 3. Tahap Pengiriman 4. Tahap Perjalanan 5. Tahap Penerimaan 6. Tahap Penyandian Balik 7. Tahap Penginterpretasian Balik.
Untuk menjalin Komunikasi Efektif memerlukan langkah 1. Menjadi pendengar aktif, 2. Komplain tanpa menyalahkan, 3. Akui kesalahan, 4. Lupakan amarah, 5. Batasi waktu, 6.Tunjukkan rasa terima kasih.
Comments :
0 komentar to “Pentingnya Strategi Komunikasi”
Posting Komentar