Sabtu, 26 Maret 2011

Perempuan dan Hutan Kita

Opini Oleh Syamsul Maarif

"Hutan gunung, sawah lautan, simpanan kekayaan,
Kini ibu sedang lara, meringis (merintih) dan berdoa"

Hutan gundul yang menyebabkan terjadinya bencana alam saat ini telah menjadi salah satu ancaman serius bagi keamanan dan kenyamanan manusia (human security). Pihak-pihak yang paling merasakan dampak bencana alam tersebut adalah kelompok masyarakat yang rentan, seperti perempuan dan anak-anak.
Sebuah studi yang dilakukan oleh the London School of Economics and Political Science terhadap 141 negara yang terkena bencana pada periode 1981-2002 juga menemukan kaitan erat antara bencana alam dan status sosial ekonomi perempuan.
Bencana alam ternyata berakibat pada penurunan angka harapan hidup perempuan dan peningkatan gender gap dalam masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa perempuan ternyata merupakan korban terbesar dari berbagai bencana alam yang terjadi. Akibatnya, terjadi peningkatan angka kemiskinan di kalangan perempuan dan semakin terbukanya jurang ketidaksetaraan gender karena perempuan harus menanggung beban tanggung jawab ganda yang lebih berat daripada laki-laki.
Persoalannya, aneka fakta empiris atas dampak bencana alam terhadap perempuan belum diiringi kesadaran akan pentingnya melibatkan perempuan, (sebagai pihak yang "terlupakan"), ke dalam berbagai pembahasan mengenai pelestarian lingkungan hidup. Padahal pengalaman yang berbeda antara laki-laki dan perempuan merupakan alasan penting mengingat bencana alam memiliki implikasi yang berbeda bagi laki-laki dan perempuan.
Kondisi ironis tersebut kemudian mendorong munculnya berbagai inisiatif yang menekankan pentingnya mengintegrasikan perspektif perempuan dalam pengambilan kebijakan, diantaranya dengan cara melibatkan perempuan sebagai aktor dalam menyelesaikan persoalan terkait dengan pelestarian lingkungan hidup.

Comments :

0 komentar to “Perempuan dan Hutan Kita”

Posting Komentar

Syamsul Maarif

Syamsul Maarif
Seminar Pendidikan

Pelanggan

Kontak

Bagi yang mau kirim tulisan, kritik, saran atau pasang iklan silahkan email ke via e-mail: syamsulm77@gmail.com
Kontak: Syamsul Maarif, tinggal: dk Sanjaya, Manggis, Sirampog, Brebes.
BlogCatalog Blog Directory

  © Blogger template syamsul by endiananews.com 2011

Back to TOP